Skip to main content

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Buah pisang selain nikmat untuk disantap ternyata buah pisang kaya manfaat untuk kesehatan. Meskipun buah ini tidak tampak mewah, namun jangan salah jika kandungan nutrisi yang terkandung di dalam pisang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan

Pisang sangat dikenal dengan fungsinya untuk memperlancar pencernaan, ataupun menjadi salah satu menu penting bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Karena kandungan energi yang terkandung di dalam pisang, tidak jarang pisang merupakan salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh para atlet, baik di kehidupan sehari-hari ataupun pada saat pertandingan berlangsung.

buah pisang


Suatu penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 2 buah pisang, Anda akan memperoleh energi yang cukup untuk latihan atau kerja berat selama 90 menit. Jadi tidak salah bukan kalau pisang merupakan buah wajib konsumsi bagi para atlet.

Manfaat pisang untuk kesehatan

Selain kandungan nutrisinya, ternyata buah pisang merupakan obat alami untuk suatu penyakit tertentu, antara lain :

1. Anemia


Kekurangan zat besi adalah faktor utama penyebab anemia, sehingga bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi buah pisang. Hal ini dikarenakan tingginya kadar zat besi yang terkandung dalam buah pisang, yang mampu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

2. Depresi


Pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang diketahui sebagai unsur yang mampu menimbulkan rasa rileks pada tubuh, memperbaiki suasana hati (mood), dan secar umum membuat orang menjadi bahagia.

3. Tekanan darah

Buah berkulit kuning ini tinggi kandungan kaliumnya, namun rendah garam dan tentu saja sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah. Selain baik untuk menurunkan tekanan darah, buah pisang juga baik untuk pengidap stroke.

4. Meningkatkan daya otak

Kadar kalium yang tinggi pada pisang juga baik untuk meningkatkan kualitas otak, selain meningkatkan kualitas otak, kadar kalium juga meningkatkan fokus apabila buah pisang secara rutin dikonsumsi, misalkan pada waktu sarapan, makan siang ataupun hingga makan malam.


5. Mengatasi sembelit

Jangan mengandalkan obat pencahar jika sembelit, karena buah pisang sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan. Selain rasa yang nikmat Anda juga tidak perlu memusingkan efek sampingnya, dan akan lebih baik lagi jika dimakan teratur.

6. Mengatasi mabuk

Salah satu cara yang paling cepat dan paling manjur mengatasi manjur adalah milkshake pisang dengan tambahan madu sebagai pemanisnya. Buah pisang meredakan sakit perut sementara madu meredakan kadar gula, sedangkan susu membantu memperbaiki kadar cairan tubuh.

7. Mengatasi morning sickness

Menjadikan pisang menjadi cemilan Anda diantara waktu makan akan menjaga kadar gula darah serta menghindari morning sickness, terlebih bagi ibu hamil. Selain itu pisang juga berguna untuk mengatasi rasa panas di dalam perut.

8. Mengatasi iritasi

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, gigitan nyamuk kecil bisa menjadi masalah besar. Mungkin saja Anda mengandalkan krim anti gigitan nyamuk untuk mengatasinya, namun mengoleskan kulit pisang ke bagian kulit yang digigit adalah jauh lebih baik.

9. Menurunkan ketegangan

Beberapa orang jika mengalami tekanan baik di waktu kerja atau lainnya langsung meraih coklat atau keripik, bagaimana jika setiap hari mengalami tekanan kerja. Apakah Anda akan terus mengkonsumsi coklat atau keripik? Coklat bermanfaat untuk kesehatan, namun akan menjadi buruk jika dikonsumsi berlebihan.

Untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yg tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga tingkat stabil. Dan makanan yang memenuhi kondisi itu adalah.. Ya.!! Buah pisang.

10. Menghindari penyakit maag

Bagi penderita maag, wajib hukumnya untuk tidak membiarkan lambung kosong. Namun bagaimana jika warung makan masih jauh sementara jadwal makan sudah tiba? Buah pisang adalah jawabannya.

Dengan teksturnya yang lembut dan halus mampu menetralisir kadar asam yang ada dilambung. Dan bersyukurlah sekali lagi karena pisang adalah satu-satunya buah yang bisa dikonsumsi mentah tanpa menimbulkan stres.


Jadi janganlah malu jika Anda tidak mampu menghadirkan buah eksotis seperti buah beri menjadi santapan rutin Anda. Karena kadar gizi pisang tidak kalah malah lebih unggul dibanding buah eksklusif lain. Semoga paparan manfaat pisang untuk kesehatan ini mampu mengubah pola pikir pembaca bahwa untuk sehat itu tidak harus mahal, ataupun tidak mesti terlihat luxury.

Comments

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Ulasan Tentang Hepatitis A, B, C, D, E, F, G

Sebelum mengetahui jenis hepatitis, ada baiknya agar kita ketahui dulu apa pengertian hepatitis.