June 25, 2012

Tips Diet Sehat (Alami) dan Cepat

PAKAR nutrisi Nancy Clark dari Majalah Runners World memberikan 10 tip penting bagi Anda dalam program penurunan berat badan. Dengan panduan sederhana ini diharapkan kerja keras Anda menguruskan badan mencapai hasil memuaskan. Berikut tipsnya :


1. Untuk menurunkan 10 pon lemak tubuh dalam setahun, Anda harus mengurangi asupan 100 kalori per hari. Mengurangi terlalu banyak kalori dari asupan yang direkomendasikan justru akan menurunkan kadar energi dan memicu rasa lapar. Hal itu juga akan membuat Anda rentan untuk tergoda menyantap makanan berkalori tinggi. ( 2 pon = 1 Kg)


2. Jangan pernah melupakan sarapan. Makanlah dua jam setelah Anda bangun pagi.


3. Faktanya, Anda seharusnya lebih banyak makan pada saat sarapan. Tukar atau alihkan sebagian jatah kalori Anda untuk makan malam dengan menumpuk lebih banyak asupan kalori pada saat makan pagi atau siang.


4. Jangan biarkan diri Anda marasa lapar. Makanlah setidaknya setiap empat jam. Supaya jatah kalori untuk sehari penuh tetap terjaga, cobalah untuk membagi porsi makan . Bagi jatah makanan untuk memastikan Anda benar-benar mendapat bahan bakar sebelum dan setelah beraktivitas. Sebagai contoh, makanlah sebagian jatah sarapan sebelum Anda berjalan kaki di pagi hari dan sisanya bari dihabiskan kemudian


5. Konsumsilah sedikitnya tiga jenis dari empat jenis/kategori makanan pada setiap kali Anda makan . Empat jenis makanan tersebut adaalah :
  • Roti, sereal, gandum, 
  • Buah dan sayuran, 
  • Susu rendah lemak dan kedelai, 
  • Daging rendah lemak, ikan dan kacang. Karbohidrat seperti roti, sereal dan gandum merupakan fondasi dari setiap makanan Anda, sedangkan protein sebagai pelengkapnya. 


6. Tentukan target penurunan lemak tubuh secara berkala. Dengan begitu, Anda akan cenderung mencapai lagi berat ideal jika berat badan Anda turun terlalu cepat.


7. Kalori dalam bentuk cairan dapat meningkatkan dan menyebabkan penambahan berat dengan cepat. Kurangi kebiasaan mengonsumi minuman kalori tinggi seperti softdrink atau soda, minuman olahraga, kopi atau alkohol.


8. Mulailah untuk menyukai makanan alami seprti buah-buahan, sayuran, gandum utuh (whole grain). Kurangi kebiasaan makanan olahan karena biasanya lebih rendah jumlah serat dan tidak mengenyangkan.


9. Jika Anda tak bisa menolak makanan cepat saji (fast food), mintalah informasi mengenai kandungan nutrisi sebelum Anda membuat pilihan atau cek lebih dulu infonya melalui website restauran. Hindari menu-menu dengan kata "fried", "crispy" atau special sauce yang dijamin akan mengandung kalori tinggi.


10. Ingatlah. Kalori yang terkandung dalam minuman olahraga, energy bar atau gel yang dikonsumsi selama berolahraga akan menambah asupan kalori meski Anda tetap bergerak. Konsumsilah hanya ketika diperlukan.


Berikut ini adalah beberapa contoh hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat sedang melakukan diet, sehingga menyebabkan kegagalan program diet atau bahkan menyebabkan terganggunya kesehatan Anda. 

1. Makan makanan produk diet yang diklaim mampu menurunkan berat badan. Makanan seperti ini hanya akan membantu untuk sementara. Anda tidak akan bisa menurunkan berat badan hanya dengan mengkonsumsi makanan jenis ini saja. Setelah bosan, biasanya Anda malah akan makan makanan lain yang malah merusak program diet.


2. Terlalu banyak berolahraga. Orang biasanya akan berfikir bahwa dengan banyak berolahraga akan membuat berat badan turun drastis. Namun sebenarnya, hal tersebut hanya berpengaruh 20% saja. Yang 80% lainnya adalah dengan mengatur gizi yang Anda konsumsi. Kadang, setelah lelah berolahraga orang malah makan berlebih yang menyebabkan berat badan mereka naik.


3. Mengurangi tidur.
Jangan berfikir bahwa dengan mengurangi tidur menjadi 5-6 jam saja akan membuat Anda menjadi kurus. Kurang tidur dan lelah biasanya malah membuat orang mencari pelarian dengan makan.


4. Salad adalah makanan sehat. Salad memang adalah makanan sehat, namun hanya mengkonsumsi salad saja juga tak baik. Tubuh Anda juga memerlukan kalori, sehingga mengganti salad dengan beras merah, akan lebih sehat.


5. Anda tidak punya orang dekat yang mengingatkan. Sahabat atau keluarga kadang bisa menjadi pengingat yang terbaik. Melakukan diet juga butuh suport dari orang di sekeliling, sehingga jika Anda tidak punya orang terdekat yang mengingatkan, maka kemungkinan besar program diet bisa gagal.


6. Anda punya gangguan kesehatan.
Banyak gangguan kondisi kesehatan seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), gangguan tiroid dan ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan bertambahnya berat badan Anda dan membuatnya sulit untuk turun kembali. Juga alergi pada makanan dapat membuat Anda sulit menurunkan berat badan.

Meskipun gangguan kesehatan tersebut itu tidak selalu menjadi satu-satunya penyebab naiknya berat badan, efek samping dari obat-obatan tertentu dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini jika Anda berniat menurunkan berat badan.


7. Berat badan Anda tidak mencerminkan lemak tubuh Anda yang sesungguhnya
Banyak orang yang berpikir bahwa berat badan mereka merupakan cara untuk mengukur seberapa banyak lemak Anda, apakah mereka telah berkurang atau bertambah.

Namun meski angka memberitahu berat badan Anda, angka tersebut tidaklah menunjukkan seberapa banyak lemak, otot atau cairan tubuh Anda, sehingga hal itu bukanlah gambaran yang akurat untuk melihat kemajuan penurunan berat badan.

Sebagai contoh, mendapatkan otot lewat latihan fitness yang baru dapat membuat Anda lebih lambat turun berat badan, karena cairan dapat tertimbun. Untuk indikasi yang lebih akurat dari kadar lemak Anda, cobalah untuk menelusuri perubahan ukuran dan seberapa pas pakaian Anda, atau cobalah untuk memeriksakan kadar lemak tubuh Anda.


8.  Anda tidak perlu mengurangi berat badan
Dengan semakin banyaknya jumlah penderita obesitas di dunia, maka tampaknya sulit bagi setiap orang menurunkan berat badannya. Meskipun banyak orang memang perlu menurunkan berat badan mereka, Anda mungkin bukanlah salah satu dari mereka.

Daripada berusaha membentuk tubuh yang tidak masuk akal (dan ingatlah, semakin kecil berat tubuh Anda, akan lebih sulit Anda untuk menurunkan berat badan), tanyalah pada diri Anda sendiri, dan dokter Anda, sejujurnya jika ada alasan medis yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan. Jika tidak, sudah saatnya untuk menghentikan diet dan mulai memberikan penghargaan atas kerja keras.


9. Terlalu banyak minum-minuman yang manis.
Anda sudah memperhatikan apa yang Anda makan, mengurangi makanan yang berlemak dan tidak makan kudapan di antara makan besar Anda, namun apakah Anda sudah mempertimbangkan jumlah kalori yang mungkin Anda minum setiap hari?

Kita semua tahu bahwa sumber minuman berkalori yang tidak baik berasal dari alkohol, Anda sebaiknya juga memerhatikan jumlah kalori dalam jus buah, minuman ringan dan berbagai minuman yang panas. Setiap kalori berasal dari asupan harian Anda, jadi jangan sepelekan minuman Anda!


10. Makan dengan porsi besar
Jika Anda makan makanan yang rendah lemak dan sehat, perhatikan juga porsi Anda. Meskipun Anda berpikir bahwa Anda hanya makan tiga kali sehari, dengan porsi yang besar yang kita konsumsi Anda sebenarnya makan sama dengan enam atau lebih ukuran porsi standar tiap harinya. Perlu Anda perhatikan, bahwa meskipun makanan yang Anda makan itu sehat, tetap saja Anda harus memakannya dengan tidak berlebihan.


Unit link terbaik di Indonesia, Commonwealth life investra link
Inspirasi kesetiaan bersama Cap kaki tiga
Kursus SEO dan internet marketing terbaik di jakarta



Sumber :
http://nasional.kompas.com/read/2008/05/21/15514614/10.tips.supaya.diet.sukses
http://evirmanda.blogspot.com/2012/04/kesalahan-kesalahan-dalam-program-diet.html#ixzz1ymqSWflh

4 comments :

  1. info yang menarik,.izin share yaa,.bagi siapa saja yang mau program diet sehat silahkan kunjungi www.tubuhidealku.com

    ReplyDelete
  2. penjelasan tentang diet secara gamblang.. mudah di mengerti

    ReplyDelete
  3. info yang sangat bagus… btw kalo diet mayo itu caranya gimana ya.. Apakah efektif? by: www.motroad.com

    ReplyDelete
  4. lengkap juga informasi tentang dietnya..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+