Skip to main content

Cara Menghindari Bad Mood/ Galau

Cara mengatasi bad mood mungkin merupakan suatu tips yang sangat berguna hampir bagi seluruh orang. Tak ada satupun orang di dunia yang terlepas dari rasa marah, bosan, bete, sedih ataupun kondisi emosi lain yang berhubungan dengan suasana hati buruk ini. Bahkan orang terbahagia di dunia sekalipun pasti tak jauh dari bad mood. Di sini akan dibahas beberapa tips mudah untuk menghindari suasana hati buruk, bad mood.

Cara menghindari bad mood/ suasana hati buruk/ galau

1. Bersyukur.

Salah satu kunci mengatasi badmood adalah bersyukur atas apa yang Anda miliki, bahkan sekecil apapun itu. Dengan bersyukur akan membuat pola pikir Anda ke arah yang positif, dan bersyukur juga sangat manjur ketika Anda mulai merasa marah ataupun gelisah.

bersyukur

Apa yang orang lain miliki belum tentu kita miliki, begitu juga sebaliknya. Jadi janganlah pandang seseorang dari apa yang mereka miliki, namun pandanglah mereka dari apa yang kita miliki namun tidak dimiliki mereka, agar kita bersyukur.

2. Optimis

Tidak ada yang lancar jaya saja di dunia ini, semua pasti ada kendala dan rintangannya. Tidak jarang masalah yang timbul membuat kita galau, namun masalah tidak akan selesai dengan bergalau ria. Hal pertama mengatasi masalah ini adalah menanamkan di fikiran kita bahwa kita mampu melakukannya. 

optimis

Dengan berfikir optimis akan membuat semangat pantang menyerah dan tidak mengeluh. Bad mood timbul karena terlalu merendahkan diri sendiri, berfikir terlalu jauh terhadap apa yang akan terjadi sementara Anda belum melakukan apa-apa. Dengan berfikir optimis juga berguna untuk menambah semangat Anda untuk meraih tujuan.

3. Tidak berpikir berlebihan terhadap sesuatu

Berfikir berlebihan merupakan faktor utama penyebab galau atau bad mood. Hal ini sangat berkaitan erat dengan rasa optimis. Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan beras palsu jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara membedakan beras asli dengan beras palsu, bukan?
overthinking

Menanamkan positive thinking adalah hal tepat untuk mengatasi ini, karena berfikir berlebihan hanya akan mengakibatkan frustasi. Tidak perlu membuang energi hanya untuk sesuatu yang belum tentu terjadi. 

4. Berbaik hati

Berbaik hati dalam hal positif adalah beramal, namun tanpa disadari berbaik hati juga membantu menenangkan jiwa kita, karena dengan sikap ini menunjukkan bahwa Anda juga berguna bagi bagi orang-orang sekitar.

berbaik hati 

Jiwa Anda seketika akan menjadi tenang ketika Anda membantu orang tua menyeberangi jalan, ataupun menolong seseorang yang bertanya alamat kepada Anda ataupun hal kecil lain yang mungkin membantu orang di sekitar Anda.

5. Mempelajari cara mengatasi situasi sulit

Sering kita berada di situasi sulit, situasi penuh tekanan yang segera membutuhkan solusi sementara Anda belum mampu memecahkannya. Jika seperti itu, muncullah stres dan galau. Satu hal yang perlukan pada saat itu adalah pemecahan masalah, bukan mengeluh ataupun marah-marah. 

situasi sulit

Mungkin tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah itu tidak tepat  atau malah menimbulkan masalah baru, namun Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada manusia yang terlepas dari kesalahan. Kesalahan demi kesalahan yang kita perbuat akan menjadi pelajaran bagi kita di kemudian hari, sehingga kita menjadi lebih matang dalam masalah rumit yang akan datang. Jadi bertindaklah,  jangan resah dan galau.

6. Memaafkan

Kita pernah melakukan kesalahan kepada orang lain begitu juga orang lain pasti ada yang melakukan kesalahan kepada kita. Ada beberapa kesalahan yang memang sangat sulit untuk dimaafkan, namun patut Anda ketahui bahwa rasa dendam tidak jauh dari rasa benci, yang secara langsung mengubah suasana hati Anda ke arah yang lebih buruk
.
saling memaafkan

Anda dapat melihat sendiri, bagaimana suasana hati Anda jika mampu memaafkan kesalahan orang dibanding jika Anda memutuskan untuk tidak memaafkannya. Karena dari apa yang saya alami sendiri bahwa memaafkan itu mampu menjauhkan saya dari dendam dan emosi, bagaimana dengan  Anda? Masihkan mendendam?

7. Menjaga diri

Dengan menjaga diri baik dari sisi fisik dan mental Anda cenderung menumbuhkan rasa bahagia baik lahir dan bathin Anda. Jagalah pola makan untuk kesehatan Anda, aturlah waktu untuk rutin berolahraga serta perbanyaklah beribadah. Karena hal-hal ini akan membuang jauh sisi negatif dari dalam diri Anda. 


Itulah beberapa tips cara menghindari bad mood (galau) yang berguna untuk menghidarkan Anda dari situasi emosi yang buruk. Penting saya ingatkan bahwa tidak ada manusia yang sempurna, namun tidak salah untuk mencoba menjadi sempurna.

Comments

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Ulasan Tentang Hepatitis A, B, C, D, E, F, G

Sebelum mengetahui jenis hepatitis, ada baiknya agar kita ketahui dulu apa pengertian hepatitis.