Skip to main content

Makanan Untuk Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, dan mata sehat adalah dambaan semua orang. Untuk menjaga agar mata tetap sehat dan jernih, tidak perlu melakukan hal yang rumit, cukup dengan memperhatikan apa yang Anda makan dan menjauhi kebiasaan yang merusak mata. Namun sebelumnya Saya meminta maaf dikarenakan mungkin ada penyakit mata bawaan yang mungkin tidak dapat disembuhkan. Namun tidak salah untuk menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan mata ini untuk menjaga agar mata selalu dalam kondisi terbaik.


Makanan untuk kesehatan mata

1. Sayuran

Pada jenis sayuran berwarna orange, diketahui wortel, ketela rambat atau ubi jalar, dan tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sayuran tersebut tinggi kadar beta karoten, dan beta karoten adalah bahan baku untuk dijadikan Vitamin A, melalui suatu proses di dalam tubuh. Di dalam retina vitamin A ini akan diubah menjadi protein penting untuk persepsi cahaya.


Untuk jenis sayuran hijau ada bayam, kale, sawi, kangkung dan lain-lain. Bayam atau kale banyak mengandung lutein dan zeaxanthin, zat yang baik untuk membantu retina melawan radikal bebas. Selain itu ada juga kol dan brokoli, selain menjaga kesehatan mata, kol dan brokoli juga berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit mata seperti katarak.

2. Buah

Pada kategori buah, ada beberapa buah yang sangat tinggi kadar vitamin A, seperti alpukat, pepaya, strawbery, mangga, jeruk , kiwi, markissa, serta buah delima. Selain berfungsi menjaga kecerahan mata bauh tersebut juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menyerang mata ataupun menyerang organ tubuh lain.


Selain vitamin A, buah-buahan tersebut juga tinggi kandungan vitamin lain, seperti vitamin B, vitamin C serta vitamin E. Sudah barang tentu tubuh juga membutuhkan selain vitamin A bukan? Cara penyajiannya pun sangat mudah, dapat langsung dimakan atau dijadikan jus.

Selain buah dan sayuran, ikan tuna atau ikan salmon juga berguna untuk menjaga keawetan mata. Kandungan nutrisinya juga tidak hanya baik untuk mata tapi juga baik untuk bagian tubuh lainnya seperti jantung, otak dan lain lain.

Penyakit mata dapat menyerang siapa saja, baik yang muda apalagi yang sudah lanjut usia, cara yang paling tepat untuk mengobati penyakit mata adalah mencegahnya, karena jika sudah terkena penyakit mata akan sangat sulit untuk membuatnya kembali normal.

Salah satunya cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan rajin dan rutin mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan diatas. Serta tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang merusak mata.

Comments

  1. selain makanan, gaya hidup juga perlu diperhatikan. hindari penggunaan softlens terlalu sering bagi wanita.

    ReplyDelete
  2. Yang paling saya kenal untuk kesehatan mata, yaitu brokoli untuk sayuran dan tomat untuk buah-buahan. terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Memang sayuran dan buah merupakan kombinasi untuk memperkuat kesehatan organ mata. Thanks.

    ReplyDelete
  4. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Gejala, Jenis, Faktor Penyebab, dan Penanganan Stroke

Penyakit ini merupakan salah satu "selebritis" dalam permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia termasuk di dunia. Dalam "keahliannya" membunuh para penderitanya, stroke termasuk jajaran 10 besar penyakit paling mematikan di dunia.