July 15, 2013

Cara Sehat Mengatasi Uban

Setelah membahas masalah mengenai penyebab rambut beruban, disini akan dibahas mengenai cara aman dan sehat dalam mencegah dan mengatasi rambut beruban. Adapun caranya adalah sebagai berikut.
tips mencegah uban


Cara mencegah rambut beruban


Stres yang sering dialami seperti ini merupakan salah satu penyebab munculnya uban. Hal tersebut disebabkan karena banyak tekanan. Stress merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya penuaan pada rambut. Oleh karena itu, dengan lebih bersantai dan rileks, Anda dapat mencegah timbulnya uban sebelum waktunya. 

2. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala 

Riset yang dilakukan oleh dermatologis dunia menunjukan bahwa ketombe juga merupakan salah satu penyebab timbulnya uban. Gunakan sampo anti ketombe atau perasan jeruk lemon sebagai alternatif pilihan yang alami untuk menghilangkan ketombe. 

3. Mengatur Pola Makan 

Malnutrisi adalah salah satu penyebab timbulnya uban atau penuaan dini pada rambut. Diet secara berlebihan mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan tubuh dan rambut mengalami penuaan sebelum waktunya. Oleh karena itu, aturlah pola makan dengan baik dan seimbang untuk mencegah penuaan dini pada rambut dan tubuh Anda. 

4. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Zat Besi 

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan munculnya uban. Zat besi membantu tubuh memproduksi melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut. Konsumsilah seafood, terutama kepiting, bayam, lemon dan jamur yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. 

5. Lakukan Perawatan yang Teratur Pada Rambut 

Lakukan perawatan pada rambut untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada rambut. Usapkan campuran labu dan coconut oil selama kurang lebih satu jam pada rambut, lalu bilas. Lakukan secara teratur agar mencegah terjadinya penuaan dini atau tumbuhnya uban pada rambut indah Anda. 

6. Tingkatkan sirkulasi darah 

Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

7. Lakukan masker rambut 

Bukan hanya creambath dan pijatan di kulit kepala, lakukan juga masker pada rambut secara teratur. Bukan hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar tetapi juga nutrisinya langsung menyerap pada akar rambut. Sehingga, rambut jadi lebih sehat, tak mudah rontok dan mencegah tumbuhnya uban. 

8. Kurangi penggunaan zat kimia 

Bahan kimia pada produk pewarnaan rambut juga bisa membuat rambut mengalami penuaan dini. bukan terlihat kering dan kusam, uban juga bisa tumbuh lebih cepat. Jadi, jika sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut.

cara mantap menghilangkan uban

Cara mengatasi rambut beruban

1.Minyak Kelapa 
Mengusapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. 

2.Minyak Kemiri 
Mengusapkan minyak kemiri pada rambut, caranya sangrai kemiri lalu tumbuk hingga mengeluarkan minyak, usapkan pada rambut dan diamkan 15 menit, Setelah itu bilas hingga bersih dan keramas. 

3.Yogurt Pahit 
Campurkan satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. Setelah itu oleskan dengan halus ke kulit kepala dan rambut. Kemudian cuci dengan air hangan dan sampo setelah 1 jam. Lakukan hal ini setiap minggu dan akan mendapat hasil yang baik. Selain menghilangkan uban, campuran ini bisa membuat rambut anda lebih bersinar dan mencegah ketombe. Selain itu lada hitam membuat rambut anda lebih hitam dan kopi bisa mempertahankan warna rambut anda. 

4.Mengusap Rambut Dengan Kuku 
Cara yang terbilang tidak masuk akal. Tapi suku indian dan ahli obat-obatan Ayurveda melakukan hal ini. Lipat kedua telapak tangan anda kedalam dan dekatkan sisi kuku satu dengan yang lain. Gerakan yang cepat dan berulang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kepala dan membuat akar rambut lebih kuat, yang mana bisa mempertahankan warna hitam rambut. Namun cara ini butuh waktu lama untuk memperlihatkan hasil , yaitu sekitar setengah tahun. 

5.Mengoleskan Jus Labu 
Campuran jus labu dan minyak wijen atau minyak zaitun dapat membantu rambut lebih sehat, berkilau dan tebal, selain itu bisa mencegah rambut beruban. Menggunakan daun teh. Saring teh, dan campur daun teh dengan satu sendoh teh garam. Letakkan pada kepala dan rambut selama satu jam dan kemudian cuci dengan air. Lakukan setiap hari selama 10 hari maka rambut anda akan terbebas dari uban. 

6.Makan-Makanan Mengandung Protein 
Tambah asupan protein melalui gandum,kacang, daging, ikan dan ayam. Vitamin A dan B serta mineral besi dan seng sangat berguna melawan uban. Sementara kembang kol, kubis, Yogurt, hati, daging sapi dan almond memberikan gizi yang diperlukan rambut. Mengkonsumsi protein membuat tekstur rambut kembali bersinar, alami dengan baik dan dapat mengembalikan pigmen dan menghilangkan uban.

Cara menghilangkan uban selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa : Minyak Kelapa adalah tonik rambut tradisional di berbagai belahan dunia. Sudah terbukti dari banyak orang kalau minyak kelapa dapat membebaskan kepala dari uban. 

7.Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Tembaga 
Kepiting, Kerang dan biji bunga matahari mengandung tembaga yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Kekurangan tembaga membuat produksi melanin menurun dan menyebabkan uban muncul. Dengan lebih banyak melanin yang terproduksi akan menghilangkan uban.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan teh yang pekat dan tambahkan satu sendok garam kedalam teh tersebut. Tuangkan rata ke rambut sambil memijat kulit kepala. Biarkan satu jam, lalu bilas saja dengan air dingin dan jangan keramas, sebab khasiatnya akan hilang.

8. Stop aktivitas cabut uban 
Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.

No comments :

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+