June 12, 2012

Manfaat Tidur (Nyenyak)

Tidur, kita semua menyukainya, terutama saat bangun dari tidur yang sangat nyenyak. Di masa lalu, tidur sering diabaikan oleh dokter dan dikelilingi oleh mitos, tapi sekarang kita mulai memahami pentingnya tidur untuk kesehatan secara keseluruhan dan kesejahteraan. Bahkan, ketika orang kurang dari 6 atau 7 jam tidur setiap malam, risiko untuk penyakit berkembang mulai meningkat.

Manfaat tidur  (tidur sehat) antara lain:

1. Tidur Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat.
Serangan jantung dan stroke lebih sering terjadi pada jam-jam dini hari. Fakta ini dapat dijelaskan dengan cara tidur berinteraksi dengan pembuluh darah. Kurang tidur telah dikaitkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, faktor risiko semua untuk penyakit jantung dan stroke. Hati Anda akan lebih sehat jika Anda mendapatkan antara 7 dan 9 jam tidur setiap malam.

2. Tidur Dapat Mencegah Kanker.
Orang yang bekerja shift malam memiliki resiko lebih tinggi untuk kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh perbedaan tingkat melatonin pada orang yang terkena cahaya di malam hari. Paparan cahaya mengurangi tingkat melatonin, hormon yang baik membuat kita mengantuk dan diperkirakan melindungi terhadap kanker. Melatonin muncul untuk menekan pertumbuhan tumor. Pastikan kamar tidur Anda gelap untuk membantu tubuh Anda memproduksi melatonin yang dibutuhkan.

3. Tidur Mengurangi Stres.
Bila tubuh Anda kekurangan tidur, maka Anda akan memasuki keadaan stres. Fungsi tubuh yang dalam siaga tinggi yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan produksi hormon stres. Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Hormon-hormon stres juga, sayangnya, membuat lebih sulit bagi Anda untuk tidur. Pelajari teknik relaksasi untuk melawan efek stres. Ada juga teknik pengurangan stres untuk tidur.

4. Tidur Mengurangi Peradangan.
Peningkatan hormon stres menaikkan tingkat peradangan dalam tubuh Anda, juga menciptakan risiko lebih untuk serangan jantung, serta kanker dan diabetes. Peradangan dianggap salah satu penyebab dari kerusakan tubuh Anda.

5. Tidur Membuat Anda Lebih Siaga.
Tentu saja, tidur yang nyenyak membuat Anda merasa berenergi dan sigap pada hari berikutnya. Menjadi  aktif tidak hanya merasa segar, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk tidur nyenyak lagi. Ketika Anda bangun akan terasa segar, bersemangat untuk keluar ke siang hari, melakukan hal-hal aktif, dan aktif dalam dunia Anda. Anda akan tidur lebih nyenyak malam berikutnya dan meningkatkan tingkat energi harian Anda.

6. Tidur Menjaga Ingatan Anda.Para peneliti tidak sepenuhnya memahami mengapa kita tidur dan mimpi, tapi proses yang disebut konsolidasi memori terjadi selama tidur. Sementara tubuh Anda dapat beristirahat, otak anda sibuk memproses hari Anda, membuat koneksi antara peristiwa, input sensorik, perasaan dan kenangan. Mimpi dan tidur nyenyak adalah saat yang penting bagi otak Anda untuk membuat kenangan. Memperoleh kualitas tidur yang lebih banyak akan membantu Anda mengingat dan memproses hal yang lebih baik.

7. Tidur Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan.
Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam lebih mungkin untuk kelebihan berat badan atau obesitas. Diperkirakan bahwa kurang tidur berdampak pada keseimbangan hormon dalam tubuh yang mempengaruhi nafsu makan. Hormon ghrelin dan leptin, penting untuk pengaturan nafsu makan, telah ditemukan terganggu oleh kurang tidur. Jadi jika Anda tertarik dalam mengontrol atau menurunkan berat badan, jangan lupa untuk memperhatikan tidur malam yang baik.

8. Tidur Siang Membuat Anda Lebih Cerdas.
Tidur siang di siang hari tidak hanya alternatif yang efektif dan menyegarkan terhadap kafein, juga dapat melindungi kesehatan Anda dan membuat Anda lebih produktif. Sebuah penelitian terhadap 24.000 orang dewasa Yunani menunjukkan bahwa orang yang tidur siang beberapa kali seminggu memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit jantung. Orang yang tidur siang di tempat kerja memiliki tingkat jauh lebih rendah terhadap stres. Tidur siang juga meningkatkan memori, fungsi kognitif dan suasana hati.

9. Tidur Dapat Mengurangi Risiko Depresi.Tidur memperngaruhi bahan kimia dalam tubuh Anda, termasuk serotonin. Orang dengan kekurangan serotonin lebih mungkin menderita depresi. Anda dapat membantu mencegah depresi dengan memastikan Anda memperoleh jumlah tidur yang tepat, antara 7 dan 9 jam setiap malam.

10. Tidur Membantu "Perbaikan" Tubuh.
Tidur adalah waktu bagi tubuh Anda untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stres, sinar ultraviolet dan eksposur berbahaya lainnya. Sel-sel Anda menghasilkan lebih banyak protein saat Anda sedang tidur. Molekul-molekul protein yang membentuk blok bangunan untuk sel, yang memungkinkan mereka untuk memperbaiki kerusakan.


Sumber : http://longevity.about.com/od/lifelongenergy/tp/healthy_sleep.htm

No comments :

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+