May 30, 2012

Cara Mengontrol dan Mengendalikan Emosi

Mengontrol emosi pada diri kita sendiri sebenarnya tidak sulit. Apabila Anda marah dan tidak bisa mengontrol emosi pada diri Anda, kemungkinan perilaku Anda pun juga tidak karuan Dan hal ini akan berdampak negatif untuk Anda. Tapi emosi seperti itu pasti bisa Anda kontrol. Saya punya sedikit tips atau cara agar Anda bisa mengontrol emosi Anda.
cara mengontrol emosi

Tips mengontrol emosi

1. Waktu rasa marahmu terpancing, pertama yang harus dilakukan adalah DIAM. Jangan biarkan mulutmu mengeluarkan suara bahkan kata-kata yang tidak karuan atau tidak sopan, kemungkinan hal ini terjadi secara reflex, tapi sebenarnya masih bisa di kontrol atau di kendalikan.

2. Ambil nafas panjang dari hidung, tahan selama 10 detik, lalu buang lewat mulut. Kenapa? Karena waktu marah, darah mengalir ke atas, tapi waktu kita ambil nafas, oksigen masuk ke ruang otak yang membuat kita menjadi lebih rileks atau tenang.

3. Ketika diri kita sudah agak tenang, otomatis otak bisa berpikir dengan jernih. Karena kebanyakan emosi membawa kita kepada hal-hal 'nonsense' yang kita lakukan, yang nantinya akan kita sesali.

4. Ingatkan diri sendiri, manusia yang tak bisa mengontrol emosi itu orang yang lemah. Pikirkan hal-hal yang sebaliknya, meskipun sepertinya tak ada, pikirkan hal-hal yang baik.

5. Dengar musik favorit, lakukan hal yang menyenangkan.

6. Jangan biarkan emosimu terus berlarut. karena emosi yang diberi makan dan menjadi gemuk, nantinya bisa menjadi raksasa penghancur yang bukan hanya menghancurkan sekelilingmu, tapi juga REPUTASIMU. Emosi diberi makan dengan cara apa? Dengan cara membiarkan dirimu hanyut dalam kemarahan, rasa marah itu diingat-ingat terus, rasa merasa diperlakukan tidak adil itu dipertajam, dan jadinya kemarahan akibat emosi sesaat itu mengakibatkan kebencian yang bisa berakar. Tentunya itu tak baik untuk kesehatanmu sendiri.

7. Pikir panjang apa yang akan terjadi selanjutnya apabila kamu marah. Banyak orang cenderung tak berpikir panjang waktu mau marah-marah, dan bertindak buruk bahkan jahat kalau sudah marah. Tapi reputasi bener-bener menjadi buruk kalau sudah dibicarakan soal emosi.

8. Pikirkan akibatnya. Kalau emosimu dilanjutkan, apa akibatnya? Selain reputasi yang buruk, kita juga jadi sasaran empuk maenan setan, karena kemarahan yang gak terkontrol menumpuk bata kebencian di hati kita.

9. Segala sesuatu dimulai dari pikiran. Kontrol pikiranmu, kamu bisa kontrol emosimu. Berpikir benar membuahkan tindakan benar, berpikir salah membuahkan tindakan salah. Sekarang semuanya terserah diri kita sendiri!

Jika kamu bisa mengontrol emosi Anda, kenapa tidak Anda lakukan? Bersabar itu lebih baik dari pada Anda harus marah. Belajarlah mengontrol diri emosi diri kita sendiri. Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Mengontrol dan mengendalikan emosi adalah penting, namun tidak kalah penting agar jangan terlalu sering menahan emosi, karena menahan emosi juga berdampak pada kesehatan, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengendalikan emosi kita.


Sumber : http://andtheem.blogspot.com/2011/07/tips-cara-mengontrol-emosi-pada-diri.html

1 comment :

  1. Alangkah baiknya jika kita menerima semua yang terjadi apa adanya terus belajarlah bersabar dalam segala hal.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+