Skip to main content

Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat - Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Disini kita akan membahas apa penyebab jerawat, jenis jerawat, cara mengatasi dan cara mencegah jerawat.


Penyebab jerawat 

1. Produksi minyak berlebihan. 

Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

2. Sel-sel kulit mati.

Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

3. Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

4. Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

5. Obat-obatan.

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.


Jenis Jerawat

1. Komedo.

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

2. Jerawat biasa.

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

3. Jerawat batu (Cystic acne).

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
  • Kelenjar minyak yang overaktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,

  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal,

  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Cara mengatasi jerawat

Cara menghilangkan jerawat  dapat dilakukan dengan :

1.Putih Telur.
Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya. Kocok dan oleskan ke wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Putih telur dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah yang yang bisa menjadi pemicu jerawat.

2. Pasta Gigi.
Pasta gigi yang digunakan atau yang bisa kita pakai untuk mengobati jerawat adalah yang berbentuk pasta bukan jell. Tinggal Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Kemudian Biarkan sampai pagi hari.

3. Tomat.
Buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam (blackheads). Caranya cukup mudah, Buah tomat dibelah jadi dua,kemudian di usap-usapkan kewajah yang berjerawat. Diamkan sampai 1jam kemudian bilas sampai bersih.

4. Bawang Putih.
Tumbuk atau diiris bawang putih tadi, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga beberapa menit dan bilas sampai bersih

5. Jeruk nipis.

Campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah. biarkan kira-kira 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat. Jeruk nipis Bisa digunakan untuk mengobati jerawat karena mengandung citric acid. citric acid sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. lakukan ini dengan rutin dan konsisten selama kurang lebih 15 hari dan lihat hasilnya.

6. Daun pepaya.
Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

7. Dokter spesialis kulit.

Jika jerawat terus membandel tidak mau hilang setelah melakukan berbagai tindakan pengobatan sendiri, maka sebaiknya kita konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan jerawat yang kita miliki. Dokter akan membantu menghilangkan jerawat serta meminimalisir terbentuknya flek noda hitam pada wajah bekas jerawat.


Memencet Jerawat dapat memperburuk infeksi, membuat proses penyembuhan jadi lama dan meninggalkan noda hitam bekas jerawat. 

Cara mencegah jerawat

1. Rajin Membersihkan Wajah / Muka.

Rawat wajah kita sebaik mungkin dengan membuatnya tetap bersih. Kenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan pembersih wajah. Sering membersihkan wajah akan sangat baik sekali tertama setelah bepergian ke tempat yang berudara kotor debu dan polusi. Bila ada dana ekstra jangan sungkan untuk facial.

Untuk perangkat pembersih muka ada baiknya memilih sabun yang khusus untuk kulit wajah yang kemudian dilanjutkan dengan lotion/cairan pembersih wajah dengan PH normal / PH balanced agar dapat mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel erat. Dibandingkan kapas, kain lap akan jauh lebih baik dalam hal membersihkan kotoran yang menymbat pori-pori kulit muka.

Jerawat memang menggemaskan dan membuat malu. Tapi kita harus tetap menyikapi jerawat dengan kepala dingin dan tegar. Jangan pernah memijit atau memencet jerawat agar tidak terkena kotoran dan kuman yang menempel di tangan kita serta jerawat tidak infeksi. Biarkan jerawat pecah sendiri. Jerawat bisa semakin parah jika tidak disikapi dan ditanggulangi dengan baik.

2. Gaya Hidup Sehat

  • Makanlah makanan yang bergizi dan tidak berlebihan terutama makanan yang mengandung banyak minyak, banyak pengawet, berpenyedap rasa kuat, pedas, dsb.
  • Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol serta makanan yang dapat memicu jerawat seperti keju, susu full cream, gorengan, dll.
  • Olahraga yang teratur, tidak begadang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba, dll untuk membantu tubuh kita tetap memiliki pertahanan tubuh yang baik dan maksimal.
  • Hindari zat radikal bebas yang dapat ditemukan dimana-mana serta menghadang dampak radikal bebas dengan minum teh atau lainnya yang mengandung antioksidan.

3. Sediakan kebutuhan khusus untuk wajah

  • Saat mencuci muka, biasakanlah memakai air hangat agar pori-pori bisa lebih terbuka dan kotoran benar-benar tidak bersisa di dalam pori kulit.
  • Jangan menggunakan sabun mandi biasa saat mencuci wajah. Gunakanlah sabun khusus wajah agar cara mencegah jerawat ini bisa lebih optimal.
  • Hindari pemakaian kosmetik yang berubah-ubah, sesuaikan kosmetik Anda dengan jenis kulit Anda, karena pemakaian banyak jenis kosmetik bisa menyebabkan kulit rusak dan berjerawat.

Makanan yang dapat mencegah jerawat

1. Sayuran.

Sayuran yang mengandung banyak air seperti mentimun, bagus untuk mencegah jerawat. Air bermanfaat untuk mengeluarkan penyumbatan pada pori-pori maupun berfungsi sebagai detoks. Selain itu, mentimun memberikan sensasi dingin sehingga efektif dalam menenangkan peradangan yang terkait dengan jerawat. 


Sayuran yang sarat vitamin A juga baik untuk detoksifikasi secara keseluruhan, baik untuk kulit maupun tubuh. Ada juga bisa mengkonsumsi kentang maupun ubi jalar untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Tiram.

Selain dikenal meningkatkan daya tarik seksual, ternyata tiram juga ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat. Tiram mengandung zinc cukup tinggi, yang berfungsi mengatur pelepasan hormon testosterone, si penyebab jerawat. Zinc juga membantu penyerapan vitamin A, yang bagus untuk kulit. Cara menikmati tiram yang terbaik, adalah dengan memakannya mentah-mentah, tentunya setelah sebelumnya dicuci bersih.


3. Yogurt.

Konsumsi susu yang berlebihan memang dapat memicu tibulnya jerawat, namun tidak begitu dengan yogurt. Yogurt mampu mencegah munculnya bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat dari dalam tubuh Anda. Ada baiknya Anda memasukkan yogurt dalam menu harian. 


Cobalah minum smoothies yang terbuat dari yogurt, blueberry dan pisang, yang kaya antioksidan dan kalium di pagi hari. Atau cobalah campuran yogurt, strawberry dan madu sebagai minuman penutup di malam hari Anda.

4. Dark Chocolate

Makanan manis sangat tidak baik bagi kulit Anda. Gantilah permen Anda dengan dark chocolate, akan lebih baik lagi jika dark chocolate tersebut dicampur dengan almon, kismis, maupun buah-buahan kering lainnya. Coklat mengandung anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bagus untuk kulit.


5. Air Putih

Minum air putih secukupnya dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, sangat bagus untuk kulit Anda. Air menjauhkan kulit Anda dari kekeringan, berfungsi sebagai detoks sekaligus mencegah timbulnya jerawat. Jika Anda bosan dengan air putih biasa, coba tambahkan beberapa tetes lemon atau jeruk untuk membuat variasi rasa dan aroma air putih Anda. 



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat
http://www.rofingi.com/2012/02/cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami.html

Comments

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Gejala, Jenis, Faktor Penyebab, dan Penanganan Stroke

Penyakit ini merupakan salah satu "selebritis" dalam permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia termasuk di dunia. Dalam "keahliannya" membunuh para penderitanya, stroke termasuk jajaran 10 besar penyakit paling mematikan di dunia.