July 10, 2012

Mengatasi Komedo

Mengatasi komedo memang lebih mudah dibanding dengan mengatasi jerawat yang membandel, yang kita perlukan hanyalah kemauan untuk merawat kesehatan wajah secara teratur agar wajah selalu tampak sehat dan segar. Bagaimana cara menghilangkan komedo??.  Mari kita simak lebih lanjut.

Komedo adalah kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah yang biasanya terjadi karena terjadi penyumbatan oleh sebum atau kelenjar minyak berlebih pada permukaan kulit sehingga timbul bekas seperti bintik hitam atau putih yang sangat mengganggu penampilan wajah. 

Komedo dapat disebabkan karena :
  1. Kulit wajah tidak bersih, 
  2. Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau kosmetik,
  3. Sekresi minyak berlebih.

Terdapat 2 jenis komedo yaitu :
  • Blackhead (Komedo terbuka)Yaitu gumpalan massa sebum yang tampak seperti titik hitam pada permukaan kulit wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga mudah dikeluarkan.
  • Whitehead (Komedo tertutup)Yaitu gumpalan massa sebum yang terjadi di bawah permukaan kulit. Terlihat seperti titik putih kekuningan. Permukaannya tertutup oleh epitel kulit membuat sulit untuk dikeluarkan.

Sangat penting untuk mengetahui jenis komedo yang Anda alami, karena beda jenis komedo beda pula cara mengatasinya. 


Perawatan Blackhead

1. Jika komedo sudah banyak menumpuk di sekitar hidung, lakukanlah perawatan facial dua sampai tiga kali dalam sebulan. Tidak disarankan untuk melakukan facial terlalu sering, karena membuat kelenjar minyak semakin aktif yang malah menimbulkan banyak komedo.

2. Membersihkan wajah dengan scrub dua kali seminggu. Setelah itu, bilas dengan air dingin untuk merapatkan pori-pori.


Perawatan Whitehead

1. Bersihkan wajah dengan sabun muka atau scrub yang mengandung asam salisilat. Kandungan asam salisilat akan mengangkat lemak di hidung yang mengakibatkan terjadinya komedo.

2. Setiap selesai membersihkan wajah, memakai sabun atau susu pembersih, usapkan toner dengan kapas ke wajah.


Secara umum tips menggilangkan komedo adalah :
  1. Menggunakan lidah buaya.Lidah buaya ternyata bisa juga untuk menghilangkan komedo. Caranya patahkan batang lidah buaya kemudian oleskan lendirnya ke wajah yang berkomedo.
  2. Menggunakan es batu.Selain menyegarkan ketika suhu panas, Es batu juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan komedo. caranya cukup usapkan es batu di sekitar area berkomedo kira-kira 10 menit.
  3. Menggunakan kulit jeruk.Kulit jeruk bisa juga kita coba untuk menghilangkan komedo, caranya kulit jeruk kita beri sedikit air, kemudian diamkan di wajah yang ada komedonya, biarkan sampai satu malam.
  4. Menggunakan putih telur.Telur ternyata juga ampuh untuk kita gunakan menghilangkan komedo, caranya: Campurkan sebutir putih telur kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering. Sebaiknya cara ini dilakukan ketika mau tidur. jangan lupa kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.
  5. Menggunakan masker yang terbuat dari telur  madu. Caranya: kocok putih telur dan madu bersamaan. lalu oleskan pada wajah. Tunggulah 20-30 menit sampai mengering kemudian bilas wajah dengan air hangat.
  6. Menggunakan ramuan baking soda.Baking soda dapat menghilangkan komedo, caranya campurlah baking soda dengan air secukupnya. kemudian ramuan baking soda dioleskan pada daerah yang berkomedo, diamkan sekitar 20 menit lalu dibilas. Ramuan ini akan menyerap minyak berlebih pada wajah, membunuh bakteri dan menghapus komedo yang membandel.


Terakhir, Tips mencegah komedo, adalah : 
  1. Menjaga kebersihan wajah.Komedo biasanya akan muncul pada kulit wajah yang berminyak. Maka dari itu usahakan agar wajah anda selalu bersih, gunakan pembersih wajah yang dapat mengurangi minyak pada wajah.
  2. Hidup sehat dan cukup gizi.Hidup sehat dapat mengurangi jumlah komedo di wajah. Makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup, dapat membantu mengurangi komedo. Karena pada saat kondisi tubuh menurun, kuman-kuman mudah masuk ke dalam tubuh.

  3. Facial secara teratur.Facial adalah cara paling tepat menghilangkan komedo. facial dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran wajah kita. Lakukan facial secara teratur dan berkala.
  4. Banyak minum air putih.Air putih adalah obat yang sangat mudah kita dapatkan. ait putih akan melancarkan saluran pencernaan dan akan membuat wajah semakin halus dan bersih.

  5. Kurangi makanan berminyak
    Salah satu faktor penting adanya komedo di wajah dikarenakan tingginya kadar minyak pada wajah, sehingga mengurangi makanan 

Sumber :
http://wolipop.detik.com/read/2010/06/30/173034/1390427/234/kenali-jenis-komedo-perawatannya

http://www.rofingi.com/2012/04/cara-menghilangkan-komedo-agar-wajah.html


No comments :

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+