Skip to main content

Menambah Berat Badan

Sama seperti diet (menurunkan berat badan), untuk menambah berat badan tubuh juga memiliki kesulitan tersendiri. Tidak berbeda dengan diet, untuk menambah berat badan juga harus dilakukan secara tepat dan sehat, karena dengan pola yang salah misi Anda untuk menambah berat badanpun dapat berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Bagaimana tips sehat untuk menambah berat badan??? Silakan simak artikel singkat berikut.


1. Meningkatkan asupan lebih kalori.

Rata-rata kebutuhan kalori untuk aktivitas sedang adalah 2.200 kalori untuk pria dan 1.900 untuk wanita. Anda perlu menambahkan 1000 kalori tambahan setiap hari untuk menambah berat badan setengah kilogram dalam seminggu.

Makan dalam porsi besar setidaknya lima kali sehari atau porsi besar tiga kali sehari, dan makanlah cemilan (snack) sehat dua hingga tiga kali diantaranya. Jika aktifitas Anda tergolong berat, maka Anda membutuhkan tambahan kalori lebih banyak.


2. Memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Jangan asal makan / melahap semua makanan tanpa tahu nutrisinya. Konsumsilah makanan sehat dengan kalori yang seimbang. Contohnya susu dengan rendah lemak, ikan, daging merah, telur, nasi merah, sayur mayur & buah. Kurangi menkonsumsi makanan deep-fried cooking / makanan cepat saji karena dapat menyebabkan penumpukan lemak & kolesterol yg membahayakan bagi kesehatan tubuh.


3. Tingkatkan konsumsi protein lebih.

Meningkatkan kadar asupan protein, karena protein berfungsi untuk membentuk otot-otot baru. Contoh makanan dengan kadar protein tinggi seperti kacang-kacangan, ikan & daging. Tapi jangan sampai Anda melupakan karbohidrat dan lemak. Dalam jumlah sedikit, dua nutrisi ini bisa membuat tubuh lebih gemuk secara sehat. Pilih lemak sehat yang biasa terdapat pada biji-bijian, minyak zaitun / ikan salmon. Untuk karbohidrat, konsumsilah yang bersifat kompleks, misalnya nasi merah, kentang rebus atau gandum.

Mengkonsumsi putih telur setidaknya 1 butir perhari dan  minum susu minimal 2 gelas sehari adalah lebih baik.


4. Perbanyak konsumsi makanan cemilan sehat.

Umumnya makan 3 kali sehari, nah kalau sedang menerapkan program penggemukan dianjurkan untuk makan 5x sehari bila ingin menambah berat badan : 3 porsi makanan utama & dua porsi camilan. Pilihlah camilan sehat tinggi gizi dan kalori, bukan junk food. Misalnya keju, milk shake, muffin, buah kering, dark chocolate & yoghurt.


5. Perbanyak minum cairan

Jumlah cairan juga mempengaruhi dalam proses menggemukan badan. Tetapi jangan sering banyak konsumsi minuman energi karena biasanya mengandung banyak garam serta gula. Lebih baiknya minum air putih, susu atau jus-jus buah yang segar.


6. Berolahraga secara teratur.

Agar nutrisi yang kita konsumsi tidak menjadi lemak yang berlebihan, bakarlah dan bentuk menjadi massa otot. Maka dari itu, Anda harus olahraga secara teratur. Lakukan secara rutin, misalnya empat kali seminggu dan tanyakan kepada instruktur fitnes, olahraga apa yang cocok untuk Anda.


7. Konsisten.

Sama dengan sistem program lainnya seperti menguruskan badan, cara menggemukan badan juga di perlukan suatu konsistensi, jadi tidak secara langsung, perlu waktu untuk mencapai semua itu.


8. Istirahat yang cukup.

Tips yang satu ini memang kelihatan mudah, namun sering diabaikan. Tidurlah minimal 8 jam sehari, terutama pada malam hari.


10. Jika diperlukan, tambahkan sumplemen nutrisi khusus untuk menambah berat badan.



Orang stres biasanya sangat mudah terkena penyakit yang secara otomatis akan mengganggu pola hidup sehat. Baca >> Cara Mengenal dan Mengatasi Stres. <<


12. Kurangi merokok dan begadang.
Jika Anda seorang perokok, maka sebaiknya kurangi hal tersebut (berhenti merokok merupakan yang terbaik), dan apabila Anda sering begadang itu hanya akan mempersulit program penambahan berat badan Anda. Baca >> Fakta Begadang <<



Jika tips-tips "menggemukkan" badan diatas juga tidak mampu menambah berat badan Anda, jangan cemas. Hal ini dapat disebabkan


1. Faktor genetika. Jika kedua orang tua dan saudara memang memiliki masalah yang sama yaitu susah gemuk, maka kemungkinan besar anda memang kurus secara genetika.


2. Ada masalah metabolisme tubuh, misalnya adanya gangguan pada sistem penyerapan (absorpsi) nutrisi di saluran pencernaan. Atau bahkan mungkin ada masalah di sistem pencernaan. Jika anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan (sering sembelit, sering diare, atau sering merasa nyeri di perut) ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam (internist) untuk memastikan apakah benar ada gangguan pada tubuh Anda.


Saran jenis makanan untuk menggemukan badan :

  • Pilihan sayuran yang mengandung tepung, seperti jagung, wortel, lobak, kacang polog dan kentang.
  • Pilihan buah padat, seperti nanas, apel, dan pir, roti gandum, dengan olesan madu, krim atau selai.
  • Anda menyukai jenis makanan tertentu seperti es krim atau donat, tambahkan toping dengan kalori tinggi seperti mentega, mayones, krim keju dan minyak zaitun.
  • Masak sayuran dengan minyak, misalnya dengan mentega, minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak canola.

Itulah beberapa cara yang bisa kita coba. Semoga anda lekas bertambah berat badan, selamat mencoba cara menggemukan badan ini.




Sumber :
http://www.zonegue.com/2012/05/cara-efisien-menggemukan-badan.html

Comments


  1. Untuk menambah berat badan, kita juga memerlukan strategi yang betul. Sebelum melakukan sebarang usaha, kita harus mengenalpasti corak diet kita, menganggar kandungan kalori di dalam setiap menu yang kita ambil setiap hari dan akhir sekali merancang menu diet yang baru. Untuk tujuan ini, kita digalakkan untuk memiliki sebuah diari untuk mencatat diet yang kita ambil.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Ulasan Tentang Hepatitis A, B, C, D, E, F, G

Sebelum mengetahui jenis hepatitis, ada baiknya agar kita ketahui dulu apa pengertian hepatitis.