Skip to main content

Ciri-Ciri Orang Kaya

Apakah yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata " Orang Kaya "??? Gambaran umum yang ada di fikiran manusia tentang ciri-ciri orang kaya lebih kurang seperti ini :
  1. Punya harta (yang bergerak ataupun tidak) yang melimpah.
  2. Punya barang/ perabotan/ perhiasan mewah yang jarang sekali ditemukan/ dipakai oleh masyarakat umum.
  3. Dan lain-lain.
tanda orang kaya

Nah, pertanyaan untuk Anda adalah : Apakah Anda orang kaya atau miskin? Bagaimana cara mengukur diri Anda, masuk kategori orang kaya atau miskin? Gampang. Berikut ini adalah indikasi-indikasi  yang bisa membuktikan bahwa Anda adalah orang kaya. Jika Anda tidak merasa memiliki indikasi di bawah ini, berarti Anda masih hidup dalam taraf kemiskinan :

1. Orang kaya bisa memberi
Tidak penting jumlah nominalnya, yang penting dalam memberikan sesuatu kepada orang lain, haruslah disertai dengan keikhlasan hati. Pemberian juga tidak harus berupa materi, bisa saja berupa nasihat, memberikan pertolongan kepada orang lain, dan lain sebagainya.

2. Orang kaya tidak rewel
Orang kaya selalu tersenyum, meskipun apa yang didapatkannya tidak sesuai dengan keinginannya. Karena orang kaya selalu memahami dan memaklumi segala kelemahan orang lain, bukan mempermasalahkannya.

3. Orang kaya tidak berhitung
Orang kaya sadar bahwa semua perbuatan akan ada pembalasannya, jadi dalam menolong sesama umat manusia, tidaklah perlu memikirkan untung ruginya. Karena salah satu ciri khas orang kaya adalah suka menolong sesamanya tanpa harus memikirkan biaya/ tenaga selama dia mampu, karena jika Anda bisa memanfaatkan peluang Anda untuk menolong orang lain, mengapa harus melewatkannya??? 


4. Orang kaya tidak meminta-minta
Orang kaya tidak pernah meminta-minta pada tetangga atau saudara-saudaranya. Mereka punya harga diri yang cukup tinggi, dan selalu berusaha untuk mencukupkan dirinya sendiri. Tidak ada kata susah bagi orang kaya. 

Bisa makan nasi dan garam saja sudah menjadi kebanggaan tersendiri. Itu makanan paling mewah yang pernah ada di dunia ini. Carilah orang-orang di dunia, dan tantang mereka untuk makan nasi dan garam saja. Siapa yg bersedia? Hanya orang-orang berhati emas yang mampu bisa menikmati makanan semewah itu. Dan hanya orang-orang kayalah yang punya hati yang terbuat dari emas. 

5. Orang kaya tidak iri
Tetangga punya mobil mewah, atau rumah seperti istana??? Ingat!! Semua yang kita miliki tiada yang abadi, semua ini milik Illahi, harta yang kita miliki hanya titipan sementara, yang akan diambilNya jika Dia mau. Yang harus kita lakukan adalah bersyukur, karena sampai hari ini kita masih diberikan limpahan rahmatNya. 

Contoh yang sangat sederhana, bagaimana jika oksigen tidak ada lagi di Bumi selama 10 menit saja, dimanakah kita akan berakhir?? Anda sudah tentu tahu tempatnya. Jadi mengapa harus iri dengan mereka yang bergelimang harta, belum tentu mereka lebih bahagia dibandingkan dengan Anda sendiri.

6. Orang kaya tidak gampang marah
Setahu Saya, salah satu fungsi marah pada manusia adalah untuk memarahi diri sendiri jika kita malas untuk menjalankan perintahNya. Bukan untuk marah-marah kepada pelayan yang secara tidak sengaja menumpahkan saus ke pakaian kesayangan Anda. Ingat, manusia itu adalah makhluk yang sangat lemah, tiada manusia yang tidak pernah bersalah dalam hidupnya.

7. Orang kaya punya prinsip
Orang kaya tahu harus ke mana. Karena itu dia tidak mudah dipelintir, dibeli, atau disuap orang. Jalannya jelas, dan komitmennya kuat. Dia akan melihat apa yang buruk dan yang baik dengan sangat transparan, tidak ada istilah zona abu-abu. Dia punya pertimbangan yang baik dan berani mengambil keputusan serta tanggung jawab dari keputusan yang diambilnya. Tidak ada cerita melimpahkan tanggung jawab ke orang lain. Itu tidak memiliki harga diri namanya. 

8. Orang kaya menghargai orang lain
Siapapun teman dan lawan kita, di mata orang kaya, semuanya sama. Orang kaya sangat bisa mengayomi dan berdialog dengan siapapun tanpa prasangka buruk. Orang kaya itu tidak picik. Mereka akan sangat antusias menemui lawan yang mengajak bertemu dan berdamai. Mereka juga akan sangat menghargai saran orang-orang, baik yang membangun apalagi yang menjatuhkan. Dia bahkan akan serta merta memeluk orang-orang yang berempati maupun yang tidak bersimpati padanya.

Semua orang di matanya sama. Dia memang bukan Tuhan, dan tentu saja porsi persahabatan dengan teman dan musuh juga dia bedakan. Namun dalam kondisi apapun, ketika orang (baik musuh dan teman sekalipun) membutuhkan dirinya, dia akan selalu ada.

9. Orang kaya punya tata krama
Kalau tidak mengerti tata krama bukan manusia namanya, apalagi disebut orang kaya. Jangankan dalam kehidupan sosial, untuk memasuki kamar mandipun sudah tentu ada tata kramanya, bayangkan jika Anda tidak memiliki tata krama di kehidupan sosial, masih bersyukur jika ada seseorang yang mau bergaul dengan Anda, Anda hanya akan merasa berada di pengasingan walaupun Anda berada di keramaian.

10. Orang kaya bersyukur atas pemberian Tuhan
Allah SWT memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan, dan tidaklah Allah memberikan beban yang tidak mungkin dapat ditanggung oleh umatNya. Jadi janganlah menggerutu karena penghasilan kita yang selama ini kita rasa tidak cukup, bayangkan jika penghasilan kita rasa tidak cukup itu samasekali tidak lagi diberikanNya, apa yang akan terjadi???
ciri orang kaya sesungguhnya

Setelah membaca tulisan singkat di atas, mudah-mudahan pembaca dapat membedakan yang mana sebenarnya orang kaya, dan yang mana sebenarnya orang yang "pura-pura kaya". Dan tidaklah terlalu berlebihan jika Saya katakan bahwa ke sepuluh ciri di atas adalah ciri-ciri orang yang sukses di dunia dan di akhirat. Insya Allah. Harapan  penulis untuk pembaca adalah, semoga setelah Anda membaca tulisan sederhana ini dapat membawa perubahan positif bagi kita semua, khususnya Saya pribadi hehehehehe...


Sumber : vivanews

Comments

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Gejala, Jenis, Faktor Penyebab, dan Penanganan Stroke

Penyakit ini merupakan salah satu "selebritis" dalam permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia termasuk di dunia. Dalam "keahliannya" membunuh para penderitanya, stroke termasuk jajaran 10 besar penyakit paling mematikan di dunia.