Skip to main content

Cara membuat blog

Tiada kata terlambat untuk memulai sesuatu, meskipun yang akan kita lakukan itu adalah bukan sesuatu hal yang baru. Tapi dengan kemauan dan ketekunan, mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa didapatkan. Karena suatu keinginan yang tidak dilaksanakan hanya akan berbuah penyesalan.
Tak jauh dengan tema saya kali ini, mungkin bukan lah suatu hal yang baru dan mungkin saja merupakan suatu hal yang lumrah untuk saat ini. 
Kali ini saya akan mengangkat tema tentang pembuatan blog.


Langkah-langkah pembuatan blog (menggunakan www.blogger.com) :
  1. Proses pembuatan blog di blogger ini sangat mudah. Yang pertama kita lakukan adalah membuat akun google. Bagi yang sudah memilikinya maka tinggal dimanfaatkan saja. Pembuatan akun google ini sangat penting karena kita akan menggunakannya untuk berbagai keperluan selain membuat blog. Akun google ini nantinya juga akan kita gunakan untuk aplikasi google:
    • Email (gmail)
    • Membuat blog (blogger)
    • Memonitor perkembangan blog (Google Analytics).

  2. Selain kebutuhan di atas, sebenarnya masih banyak tool-tool google lain yang sangat berguna seperti Google Webmaster dan Google Web site Optimizer. Tetapi untuk tahap awal ini kita hanya akan menggunakan tiga aplikasi google tersebut saja.
  3. Silahkan buka http://www.gmail.com.
  4. Buat Akun baru dengan mengklik "Create an Account", dan ikuti langkah pendaftaran seperti yang sudah biasa Anda lakukan untuk membuat email lain milik Anda.
  5. Setelah selesai silahkan menuju ke alamat ini http://www.blogger.com dan login menggunakan akun google Anda.
  6. Nama pengguna adalah bagian depan alamat email sebelum @gmail.com Anda.
  7. Setelah logged in, klik pada "Ciptakan Blog Anda".
  8. Lanjutkan dengan mengisi Form yang tersedia.
  9. Judul Blog adalah nama yang akan muncul di judul blog saat ada yang mengakses blog Anda. Sedangkan Alamat blog adalah alamat yang akan dituliskan oleh seorang pengunjung saat ingin mengakses blog Anda.
  10. Setelah diisi, klik "Lanjutkan".
  11. Langkah berikutnya adalah memilih Template. Template adalah desain Blog Anda.
  12. Setelah memilih Template, klik "Lanjutkan".
  13. Blog Anda sudah siap dan Anda bisa mulai mengisinya.
  14. Menu posting pertama ini adalah tempat Anda melakukan posting untuk blog Anda. Silahkan diisi dengan judul Posting apa saja untuk membiasakan diri Anda melakukan posting. Setelah itu klik Terbitkan Entry. Anda bisa langsung melihat hasilnya dengan mengetikkan http://namabloganda.blogspot.com.
 Semoga bermanfaat. *_-

Comments

Popular posts from this blog

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil & ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Dampak akibat menahan buang air kecil sangat fatal bagi kesehatan, selain menyerang organ ginjal juga dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh. Sehingga penting untuk tidak menyepelekan masalah ini. Berikut ulasannya.

Pengertian, Jenis, Dampak Negatif Sampah

Sampah merupakan masalah yang tak pernah terselesaikan hingga saat ini, meskipun beberapa negara maju telah menindak tegas orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan, namun belum juga membuat para pembuang sampah sembarangan menjadi jera, apalagi dengan negara berkembang yang bahkan belum memiliki undang-undang yang jelas mengenai permasalah ini.

Gejala, Jenis, Faktor Penyebab, dan Penanganan Stroke

Penyakit ini merupakan salah satu "selebritis" dalam permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia termasuk di dunia. Dalam "keahliannya" membunuh para penderitanya, stroke termasuk jajaran 10 besar penyakit paling mematikan di dunia.