August 30, 2012

Cara Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Ada banyak aneka ragam manfaat madu, sebut saja untuk kesehatan juga kecantikan. Namun alangkah kecewanya kita jika madu yang kita konsumsi bukanlah madu asli seperti yang kita harapkan. Alih-alih mendapatkan manfaatnya, malah semakin mengganggu kondisi kesehatan jika madu yang kita konsumsi bukanlah madu yang asli. Berikut adalah cara mengetahui madu asli atau palsu.

1. Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut.

Baik madu asli maupun madu tidak asli sama-sama dapat dikerumuni semut. Adapun madu tidak asli yang padanya dicampur dengan serbuk pahit ada kemungkinan padanya tidak dimakan semut karena unsur tersebut tidak disenangi semut sebagaimana madu asli yang makanan lebahnya dari hutan kayu yang pahit rasanya.

cara mengetes madu asli dengan semut
Madu yang dikerumuni semut

Semut mendekati madu asli karena :
Tertarik dengan khas bau madu yang wangi terutama madu dari indonesia, akan tetapi madu tersebut tidak bisa ditelan oleh semut dengan kata lain madu ngga bisa abis sama semut, lain halnya dengan gula, cairan gula bisa habis oleh semut.

Semut mendekati madu palsu karena :
Karena mengandung campuran gula pasir atau sejenisnya

Semut tidak mau mendekati madu :
  • Madunya basi, sudah mengalami fermentasi jadi kandungan alkohol meningkat, semut tidak suka bau alkohol,
  • Madu dari hutan yang asli, karena madu dari hutan biasanya mengandung propolis yang lebih dibanding madu lebah ternak, karena cara pemanenannya yang membuat jadi beda kandungan propolisnya dan kandungan yang lain, disini semut tidak mau mendekat karena tidak suka aroma propolis

2. Madu Asli Tidak Merembes Saat Diteteskan pada Kertas Koran.


cara mengetahui madu asli atau palsu
Pengetesan madu dengan menggunakan koran

Tidak merembes saat diteteskan pada kertas koran tidak dapat secara mutlak merupakan ciri madu asli karena madu asli yang agak encerpun bisa merembes walaupun sedikit saja (tingkat kekentalannya rendah).

3. Korek Api Tetap Menyala Setelah Diolesi Madu Asli.

Bilah korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli sekalipun jarak waktu tenggang antara pemolesan dengan pemantikan berapa lamapun . Adapun madu tidak asli pada awal pemolesan mungkin masih bisa menyala namun setelah tenggang waktu 1 jam atau lebih maka tidak mampu lagi untuk menyala.



Jadi kesimpulannya adalah apabila setelah berselang lebih dari 1 jam tapi masih bisa menyala berarti madu asli.Namun apabila dengan dengan tenggang waktu tersebut tidak dapat menyala maka bisa dipastikan madu campuran atau tidak asli.

4. Madu Asli Berasa Manis

Kelima sampel madu asli memiliki rasa yangberbeda-beda, bergantung pada sumber makanan lebah atau nectar. Demikian pula madu tidak asli maka rasanyapun beraneka ragam sesuai dengan bahan pencampurnya.

5. Madu Asli Berwarna Kuning Tua

Sebagaimana rasa madu asli , warnanyapun beragam sesuai dengan nectar atau sumber makanan yang dimakan lebah. Demikian pula warna madu tidak asli beragam warnanya sesuai dengan bahan yang diolah dan juga bahan pencampurnya.

6.Madu Asli Akan Mengkristal Jika Dicampur Kuning Telur

Semua sampel madu asli mengkristal berbiji-biji saat dicampur dengan kuning telur. Madu tiruan tidak mengkristal sama sekali apabila dicampur kuning telur tetapi madu campuran tetap bisa mengkristal. Perlu anda ketahui bahwa pengkristalan kuning telur bukan jaminan madu asli karena madu campuranpun tetap mengkristal apabila dicampur dengan kuning telur.

7. Madu Asli Mengandung Gas (menggelembung pada kantong plastik/jerigen yang tertutup rapat.)

Dalam uji coba kelima madu asli maupun 4 dari 5 macam madu campuran itu tetap mengelembung (mengandung gas) Dari sini dapat dilihat bahwa kandungan gas itu tidak dapat dijadikan patokan dalam menentukan madu asli karena madu tidak aslipun bisa mengandung gas.

Dalam penyelidikannya Dra. Sri Amin Tarti dari Universitas Lambung Mangkurat menyatakan, gas yang terdapat pada madu itu bisa timbul karena madu telah terfermentasi dengan mikroba penghasil gas.

8. Madu asli Tidak Akan Membeku Jika Disimpan Dalam Lemari Es.

Dari kelima sampel madu asli, empat sampel tidak membeku saat disimpan dalam lemari es. Satu sampel yang lain sedikit membeku yaitu madu pohon aren /nira. Dan dari kelima sampel madu tidak asli maka semuanya membeku saat disimpan di lemari es.


Mengetahui madu asli atau palsu dalam video




Sumber
http://www.ryan-isra.net/madu-asli-palsu-cara-membedakan/#

5 comments :

  1. kalau dilihat dengan mata saja tidak akan bisa membedakannya ni memang perlu melakukan sesuatu untuk membuktukan keaslian madu ni
    terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  2. dengan tips diatas jadi bisa membedakan pemalsuan madu
    terimakasih untuk informasinya

    ReplyDelete
  3. lha ini tisp nya bagus. ada gambar dan videonya.. baru meyakinkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya. salam

      Delete
    2. terima kasih atas kunjungannya. salam

      Delete

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+