Memuat...
17 Juli 2012

Tips Memulai Usaha/ Bisnis

Tips memulai usaha/ bisnis - Anda ingin memulai usaha namun bingung menentukan usaha apa, atau belum memiliki pengalaman dalam berwirausaha? Luangkan sejenak waktu Anda untuk menyimak artikel ini. Adapun tips membangun usaha/ bisnis, antara lain :


Langkah Awal

1. Jangan takut salah memilih usaha.
Rasa takut memang "penyakit" awal dalam memulai usaha, takut gagal dan tidak percaya diri akan kemampuan diri sendiri hanya akan mematikan keinginan Anda untuk memulai usaha. Semua pekerjaan yang diawali dengan rasa takut hanya akan membuahkan kegagalan.


2. Mulai dari yang Anda sukai.
Anda bisa mulai mencoba usaha yang sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda. Karena kalau sudah suka,  Anda tidak akan cepat bosan dan mudah menyerah menjalankannya walaupun mungkin di masa awal akan banyak tantangan.


3. Mulai dari yang Anda kuasai.
Anda bisa memulai membuka usaha dengan bidang yang sudah Anda kuasai. Walaupun belum berpengalaman berwirausaha, Anda sudah memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan.


4. Menentukan lokasi.
Memiliki lokasi yang strategis memang memiliki nilai plus dalam wirausaha, namun lokasi bukanlah hal yang utama dalam berwirausaha. Jadi meskipun lokasi usaha Anda bukanlah di tempat ramai bisa saja produksi Andalah yang banyak diminati.


5. Modal.
Biasanya inilah yang dikeluhkan bagi wirausahawan. Hal ini sebenarnya bukanlah masalah, karena tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, tergantung jenis usaha apa yang akan dijalankan. Namun jika hal ini bisa menjadi hambatan, mengajak keluarga atau teman untuk berbisnis bersama. 
Usahakan tidak mengandalkan pinjaman dari bank sebagai modal, karena akan ada tantangan di awal usaha, dan hal ini sangat riskan kepada usaha Anda yang sudah terbebani hutang.


6. Siapkan mental.
Apakah Anda orang yang suka menghabiskan penghasilan atau lebih memilih berinvestasi? Jika Anda lebih suka menghabiskan penghasilan daripada berinvestasi, ubah dahulu mental Anda tersebut, karena bukan seperti itulah mental seorang pengusaha. Pengusaha cenderung berinvestasi untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar ketimbang menghabiskan pernghasilannya.


7. Fokus.
Banyak kegagalan usaha terjadi karena si pengusaha tidak fokus dengan usaha yang sedang dirintisnya, dikarenakan rasa ingin mencoba usaha lain, sementara usaha yang sedang berjalan tidak telalu dijiwai pengusaha.



8. Pegawai.
Sesuaikan jumlah pegawai dengan kebutuhan usaha Anda, karena pegawai Anda juga merupakan aset perusahaan Anda yang menentukan baik buruk image perusahaan Anda.



9. Resiko.
Prediksi resiko yang akan muncul, dan sediakan jalan keluar jika akan terjadi hal-hal yang dapat mengganggu kelangsungan usaha Anda.

Setelah Usaha Berjalan

1. Cari pelanggan.
Tidak harus langsung menggebrak pasar secara besar-besaran, pengenalan produk usaha Anda dapat dilakukan melalui promosi mulut kemulut, brosur, iklan melalui media online atau plang di tempat usaha Anda.

Jika memungkinkan berikan potongan harga dengan batas waktu tertentu namun tidak mengganggu modal usaha Anda, apalagi sampai merugi. Cukup dengan mengurangi nilai keuntungan sebagai pengenalan produk Anda.


2. Pengaturan keuangan.
Di sini Anda dituntut kepandaian mengelola keuangan usaha, karena keuntungan dari penjualan merupakan modal Anda untuk produksi selanjutnya. Pisahkan dana pribadi dengan dana usaha, karena salah satu faktor kegagalan setelah usaha berjalan adalah buruknya pengelolaan keuangan.


3.Jaga kredibilitas.
Mempertahankan memang lebih sulit dibanding mencari pelanggan, jika Anda berhasil mempertahankan pelanggan, maka secara otomatis akan menambah pelanggan baru melalui rekomendasi pelanggan lama. 


4. Antisipasi kegagalan.
Jangan biarkan usaha Anda terganggu/ berantakan hanya karena salah satu bagian yang tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, sediakan cadangan untuk mengantisipasi hal tersebut.


5. Saling berbagi pengalaman.
Semua usaha memiliki konsep dasar yang sama, apapun jenis produksinya. Tidak salah jika berbagi pengalaman dengan sesama pengusaha meskipun itu berbeda bidang. Mungkin masukan dari rekan Anda dapat memberi masukan atas permasalahan yang sedang Anda alami ataupun sebaliknya.



Sumber :
http://www.perencanakeuangan.com/files/tipsmemulaiusaha.html

1 komentar :

  1. Good Article...Semoga menjadi Inspirasi bagi siapa saja yang igin menjadi pengusaha sukses..!!!

    SARANA IZIN USAHA


    http://www.birojasa-masterpiece.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+