July 14, 2012

Rahasia Ciuman

Rahasia dibalik ciuman ternyata tidak sedikit, malahan juga melibatkan para ilmuwan untuk mengungkap apa saja efek dari sebuah ciuman. Penasaran? Mari kita simak beberapa fakta ciuman, di bawah ini :


1. Bagaimana posisi berciuman yang asik? Anda yang belum menemukan posisi yang pas, mungkin bisa mengambil inspirasi dari fakta ini: Dua dari setiap tiga pasangan menelengkan kepala ke kanan ketika berciuman.

2. Kita mencium menggunakan satu otot wajah, orbicularis oris, yang berfungsi menggerakkan bibir untuk mencium. Satu kecupan ringan hanya menggunakan dua otot ini. Namun ketika Anda melancarkan ciuman yang penuh gairah, Anda menggunakan seluruh 34 otot pada wajah. Maka, sering-seringlah berciuman agar wajah Anda tetap kencang.

3. Sama halnya seperti sidik jari atau kepingan salju, tidak ada dua jejak bibir yang mirip.

4. Bercumbu baik untuk menyembuhkan rasa sakit. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berciuman bisa meningkatkan kekencangan kulit, membantu sirkulasi darah, mencegah gigi berlubang, bahkan bisa mengusir sakit kepala.

5. Rata-rata orang menghabiskan 336 jam dari seluruh kehidupannya untuk berciuman. Entah berapa lamanya waktu yang digunakan untuk berciuman setiap hari. Rekor ketahanan mencium sendiri dipegang oleh pasangan Rich Langley dan Louisa Almedovar, yang mampu berciuman selama 30 jam dan 59 menit.

6. Sebagian orang senang menuliskan huruf “X” sebagai tanda ciuman, yang biasanya dicantumkan pada akhir surat. Huruf “X” ini diawali pada abad pertengahan, ketika orang yang tidak bisa membaca menggunakan tanda “X” sebagai tanda tangan. Mereka lalu mencium tanda ini sebagai tanda ketulusan. Akhirnya, “X” itu lalu dianggap mewakili ciuman itu sendiri.

7. Berciuman memacu adrenalin. Aktivitas ini melepaskan neurotransmitter yang pada otak, yang juga terjadi saat kita melakukan aksi mendebarkan dengan terjun payung, bungee jumping, atau berlari.

8. Bila pria mengaku pernah berhubungan seks dengan lima wanita, itu artinya ia sebenarnya baru bercinta dengan dua wanita. Sebaliknya, wanita yang mengaku hanya pernah berhubungan seks dengan dua pria, sebenarnya dia telah bercinta dengan lima pria. Begitu yang sering dikatakan banyak orang. Entah apa yang akan dikatakan pria bila mengetahui bahwa rata-rata perempuan mencium 29 pria sebelum ia menikah.

9. Pria yang mencium pasangannya sebelum berangkat ke kantor rata-rata memiliki penghasilan yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak melakukannya. Ayo, mulai sekarang cumbu pasangan Anda sebelum ia keburu berangkat!

10. Film-film Hollywood banyak menampilkan adegan ciuman yang penuh gairah. Ciuman terlama yang pernah ada dalam sejarah perfilman adalah antara Jane Wyman dan Regis Tommey dalam film You’re in the Army Now (1941). Ciuman mereka berlangsung 3 menit dan 5 detik. Apakah itu sudah termasuk yang harus diulang saat take per take, atau saat rehearsal, ya?

11. Berciuman selama 1 menit dapat membakar 26 kalori dalam tubuh. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot datang ke gym untuk membakar kalori.

12. Hanya 7 persen pria yang menjaga matanya agar tetap terbuka saat berciuman dan 93 persen pria menutup matanya saat berciuman.

13. Selama berciuman, seorang pria akan memvisualisasikan wanita secara lebih dalam pikirannya.

14. Fakta lain menunjukan, ciuman dengan warna rambut yang sama akan lebih terasa bergairah dan hangat.

15. Di Mesir, memiliki gaya ciuman yang berbeda seperti umumnya. Mereka lebih terbiasa mencium dengan menggunakan hidung, dibandingkan dengan bibir.

16. Saat pertengahan abad di Italia, bagi pasangan yang terlihat berciuman, akan diberi hukuman, mereka harus menikahi orang yang mereka cium.

17. Dengan berciuman Anda juga dapat mencegah keriput pada kulit. Hal ini dikarenakan otot-otot wajah bekerja lebih aktif saat berciuman.

18. Jangan coba-coba ciuman sembarangan di tiga negara Asia, seperti Jepang, Korea, Cina dan Taiwan. Karena kawasan ini melarang adanya ciuman mesra di tempat umum.

19. Ciuman ala Eskimo itu bohong. Kita sering mendengar bahwa cara orang Eskimo berciuman adalah dengan menggosok-gosokkan hidungnya. Itu kebohongan besar. Seorang penduduk Alaska yang sudah tinggal di keluarga tradisional selama 67 tahun mengatakan bahwa dia tak pernah melihat orang Eskimo saling menggosokkan hidung. Cara berciuman mereka sama saja dengan orang lain di seluruh belahan dunia.

20. Berciuman itu seperti candu. Kadar endorfin yang Anda keluarkan ketika berciuman ternyata 200 kali lebih kuat daripada efek candu manapun, bahkan morfin sekalipun! Mungkin itulah menata Anda bisa merasa ringan setelah berciuman sebentar. Siapa sangka candu yang paling hebat ternyata legal dan mudah didapatkan? Daripada menghabiskan uang dan kesehatan Anda untuk obat-obatan terlarang, lebih baik Anda berciuman saja sepanjang hari.

21. Ciuman adalah ladang bakteri. Itu benar. Tahukah Anda bahwa satu ciuman bisa melibatkan 278 tipe bakteri? Ciuman yang lama bahkan bisa mentransmisikan sekitar 10 juta bakteri! Itu alasan yang tepat untuk hanya mencium satu orang saja, yang paling Anda cintai, yang paling Anda percaya, dan yang paling sering menggosok giginya.

22. Beberapa penyakit bisa ditularkan lewat ciuman. Anda pasti tahu bahwa mononukleosis atau penyakit berciuman dapat ditularkan melalui ciuman. Tetapi apakah Anda tahu bahwa herpes juga bisa ditularkan lewat ciuman? Dalam satu kasus di tahun 1997, seorang wanita bahkan terinfeksi HIV melalui ciuman.

Bagaimanapun, ini karena dua orang yang berciuman memiliki penyakit gusi yang atau lubang gigi yang terbuka. Sehingga kuman bebas masuk menuju pembuluh darah dan syaraf. Berhati-hatilah ketika berciuman. Pastikan pasangan Anda tidak menderita penyakit apapun atau pastikan gigi Anda tidak berlubang.

23. Ciuman dilarang di beberapa tempat. Tahukah Anda, pada abad ke-16, jika Anda berciuman di tengah-tengah kota Naples, Anda bisa dihukum mati! Hingga saat ini pun ada tempat-tempat yang tidak memperbolehkan warganya berciuman di depan umum.

Misalkan Ceder Rapids dan Iowa. Di Hartford Connecticut, wanita bahkan tidak boleh mencium suami mereka pada hari Minggu. Bayangkan betapa tersiksanya pasangan suami istri di kota itu. Sementara di Indiana, seseorang dengan kumis yang tebal bahkan tidak diperbolehkan mencium manusia. Lalu, mereka harus mencium apa?

Itulah beberapa fakta menarik sebuah ciuman, semoga bermanfaat, semoga terhibur.

Sumber :
http://info-infounik.blogspot.com/2011/05/10-fakta-dibalik-berciuman.html

No comments :

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+