February 7, 2012

Alasan Menyalakan Lampu Kenderaan di Siang Hari

Tidak sedikit pengendara motor yang cenderung kontra dengan aturan menyalakan lampu bagi sepeda motor di siang hari. Sebagian ada yang berpendapat menyalakan lampu siang hari adalah pemborosanlah, alasan global warminglah, kebodohan-lah, bahkan ada yang menuding Polri membuat aturan ini untuk ‘mencari uang’ semata. Dan banyak lagi penolakan penolakan lain yang terkadang terlalu konyol untuk di pahami alasannya.

Apakah mereka yang menolak, melihat keuntungan aturan ini dari sisi pandang berbeda?


Jika kita melihat dari sisi pengendara mobil, mereka paham betul manfaat dari aturan tersebut. Karena pengendara mobil merasakan keuntungan dari bias cahaya motor saat sedang mengendarai mobil. Baik ketika melihat motor yang datang dari arah berlawanan atau melalui spion. 

Selain menganggap menyalakan lampu itu adalah pembodohan, ada juga pengendara motor yang menyalahkan mobil yang menggunakan kaca film sehingga mengurangi daya pandang ketika memantau spion. Maksudnya, pengemudi mobil seharusnya bisa mendeteksi keberadaan motor tanpa lampu menyala jika kaca mobil tersebut 100% jernih. 

Bukan ini masalahnya. Tidak sedikit yang tidak mengerti, bahwa kaca film mobil berkualitas (bukan kaca film imitasi) bukan untuk menggelapkan 2 sisi kaca. Melainkan hanya satu sisi yang searah dari datangnya sinar matahari untuk meredam sinar ultraviolet. Ketika dilihat dari luar memang tampak sedikit gelap, namun ketika kita melihat keluar dari dalam mobil, masih terjamin jelas.

Standar kepekatan kaca film pada mobil sudah menjadi standar produksi mobil diseluruh dunia setelah melalui beberapa tahap uji coba. Bahkan pemerintah pemerintah hampir di seluruh negara di dunia telah menetapkan aturan tingkat kepekatan kaca film pada mobil. Kalau masalah kaca film diributkan, apa bedanya dengan helm yang kacanya menggunakan pelapis serupa film yang berwarna pelangi atau gelap? 

So, jelas bahwa kaca film mobil tidak bisa dijadikan alasan bahwa pengendara mobil sangat minim pengelihatannya dengan keberadaan kaca berlapis film. Karena jika motor tidak terlihat dari spion mobil, ada sebuah pertanyaan. Dimanakah motor tersebut berada sehingga tidak terdeteksi oleh pengemudi mobil melalui spion? Ingat, banyak pengendara motor yang tidak memahami istilah blind spot. Yaitu titik buta pada spion mobil yang membuat objek tidak terlihat. Biasanya objek yang terlalu dekat dengan mobil. Istilah blind spot pun berlaku untuk spion sepeda motor. 

blind spot pada mobil


Keuntungan sepeda motor menyalakan lampu bagi pengendara mobil

Semua pasti tahu, motor bukanlah benda yang besar. Cukup gampang untuk melihat hampir seluruh bagian motor, tertutama spion. Pengendara motor cukup melirik spion saja untuk bisa melihat keberadaan pengendara lain di belakangnya. Berbeda dengan pengendara mobil. Untuk melihat spion terjauh, pengendara mobil membutuhkan ‘sedikit’ tolehan kepala. Yang artinya membutuhkan waktu lebih lama ketimbang melihat spion motor.

Maka dari itu, dengan adanya cahaya lampu motor, waktu pengendara mobil sudah terpangkas sepersekian detik untuk memastikan keberadaan objek dibelakangnya. Lagi pula, motor adalah objek yang cepat sekali berpindah. Dibutuhkan kecekatan untuk mendeteksi keberadaan motor. Salah satunya terbantu oleh bias lampu motor. 

Lampu motor membuat silau? 

Kata siapa? Pernahkah anda merasa silau melihat lampu motor lain menyala di siang hari? Lampu motor yang menyala hanya menimbulkan biasan di sekitar sumbernya saja ketika kita melihatnya. Tak akan silau karena sinar lampu tersebut jelas terkalahkan oleh sinar ultra violet. Sinar ultra violet yang dihasilkan matahari meredam cahaya yang dihasilkan bohlam sehingga jarak jangkaunya melemah. 

Tidak percaya? 
Ada sebuah uji coba sederhana. Coba sesekali ketika macet anda berhenti di belakang mobil berwarna hitam. Perhatikan. Refleksi cahaya lampu motor anda di body mobil tersebut. Bandingkan refleksi tersebut antara siang dan malam. Refleksi cahaya motor anda disiang hari lebih lemah ketimbang refleksi saat malam.

Bahkan disiang hari, melalui refleksi di body mobil anda bisa melihat jelas detail lampu motor anda. Ini membuktikan bahwa intensitas cahaya lampu saat siang lebih lemah. So, alasan silau tidak bisa dijadikan alasan kuat untuk membantah atau mencari kelemahan aturan ini. 

Aturan menyalakan lampu adalah aturan tak berdasar.
Aturan ini yang tak jelas atau anda yang sok pintar? Tidak sedikit dari pengendara motor merasa aturan ini dibuat-buat. Sebagian dari mereka merasa aturan ini tidak terbukti dan tidak berdasar. Dan banyak juga yang bilang aturan ini keluar tanpa uji coba. 

Untuk di ketahui. Negara negara maju sudah lama menerapkan aturan ini. Dan aturan ini terbukti ampuh untuk membantu pengendara mobil mendeteksi keberadaan motor yang sangat mudah bemanuver. Karena pada dasarnya mereka tahu bahwa mobil dengan daya pandang terbatas dan motor dengan kelincahan bermanuver adalah hal yang harus di perhatikan.

Bahkan di beberapa negara besar sudah ada kampanye keselamatan berkendara yang ditujukan kepada pengemudi mobil agar lebih memperhatikan keberadaan motor. Dan Pengendara motor juga sering di ingatkan akan keterbatasan daya pandang mobil. 

Perbandingan kecepatan suara dan kecepatan cahaya

Cahaya memiliki kecepatan sebagai berikut: 
300.000 km/detik = 1.080.000.000 Km/jam 

sedangkan kecepatan suara hanya 
344 m/detik = 1238 km/jam 

Ini berarti saat Anda menyalakan lampu kendaraan walau terang hari,akan segera terlihat oleh kendaraan lain melalui spion,dibandingkan Anda memberikan klakson (suara).Secara logika jika Anda mengendarai mobil pribadi, apalagi tertutup suara klakson pasti tidak terlalu terdengar jelas.atau bisa saja ada orang yang senang berkendara sambil mendengar musik misalnya,atau mungkin agan yang mengendarai motor yang mencoba ingin mendahului kendaraan di depannya,belum tentu klakson yang Anda bunyikan terdengar oleh pengendara di depan Anda. 

tips aman berkendara motor pada siang hari
___________________________

No comments :

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Silakan berkomentar dan no spam!! Komentar yang berisi spam tidak akan diterbitkan.

Google+